Apa Itu Nomor Referensi BRI dan Begini Cara Mengeceknya

2 min read

Nomor Referensi BRI

Nomor Referensi BRI memang kadang menjadi masalah ketika baru saja menggunakan layanan bri mobile dimana Sebagai nasabah bank BRI mungkin nomor rekening menjadi hal paling familiar, akan tetapi bagaimana dengan dengan nomor referensi BRI ?.

Masih banyak nasabah Bank BRI yang tampaknya belum begitu familiar dengan penggunaan nomor referensi pada saat melakukan aktivitas di Bank.

Nomor Referensi BRI

Nomor referensi BRI merupakan sebuah kode yang bank BRI keluarkan untuk melakukan aktivitas transaksi.

Melalui kode ini seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan dengan mudah. Berikut adalah beberapa hal perlu Anda ketahui tentang nomor referensi.

Baca Juga : Telat Bayar GoPay PayLater: Resiko, Biaya dan Denda Terbaru

1. Tujuan dari Nomor Referensi

Untuk jumlah digit dari nomor referensi sendiri adalah 3 angka. Biasanya ketika ingin melakukan aktivitas perbankan dan memasukan nomor rekening, nasabah terlebih dahulu harus menginput nomor referensi ini agar proses bisa berjalan dengan baik.

Nomor referensi pada dasarnya sering Anda jumpai pada saat ingin melakukan transaksi misal di mesin ATM.

Apabila hendak mengirimkan uang dengan jumlah tertentu seseorang harus memasukan kode referensi ini sebelum menginputkan nomor rekening tujuan.

2. Fungsi Nomor Referensi

Sebagai nasabah bank BRI, memahami fungsi dari Nomor referensi BRI ini sangat penting.

Pada dasarnya nomor ini memiliki fungsi sebagai identifikasi dalam berbagai transaksi di bank. Apabila tidak ada nomor ini tujuan ataupun acuannya menjadi tidak jelas.

Misalnya sedang ingin mengirimkan uang dari rekening C ke D.

Maka nomor rujukan yang nantinya berperan sebagai acuan adalah rekening D. Nomor referensi memang memegang peran penting dalam berbagai aktivitas ini.

3. Pentingnya Nomor Referensi Diketahui

Mengetahui nomor referensi BRI bagi para nasabah merupakan hal yang cukup penting. Sebagai nasabah Bank BRI tentunya setiap transaksi harus memiliki kejelasan yang valid dengan informasi terkonfirmasi.

Setelah mengetahui fungsi dan tujuan dari nomor referensi bank ini, sudah semestinya Anda familiar dan mulai mengetahuinya. Hal ini sangat penting agar semua transaksi dapat diidentifikasi secara tepat dan baik.

Perbedaan Antara Nomor Referensi Bank dan Nasabah

Ketika membuat atau membuka rekening baru, setiap nasabah akan memperoleh sebuah nomor. Misalnya nomor nasabah, rekening, dan referensi. Tentu saja antara nomor nasabah dan nomor referensi memiliki perbedaan yang signifikan.

Nomor referensi BRI sendiri dapat juga nasabah bank BRI gunakan untuk membedakan sebuah transaksi pada aktivitas perbankan.

Tentu saja nomor ini punya kode unik dan tidak mungkin sama sehingga setiap pengguna jasa perbankan BRI bisa mengidentifikasinya secara tepat

Nomor nasabah umumnya hanya sebagai identitas saja, akan tetapi nomor referensi punya fungsi tambahan.

Misalnya ketika sedang melakukan transaksi pembelian online, maka nomor referensi berguna sebagai pelindung terhadap aktivitas nasabah tersebut dari pihak perbankan.

Baca Juga : 5+ Cara Upgrade GoPay Plus Lengkap

Cara Mengecek Nomor Referensi Bank BRI

Nomor Referensi BRI

Sebenarnya nomor referensi BRI sendiri sangat unik dan sudah terbit di bank masing masing. Sementara untuk melakukan pengecekan nomor referensi sendiri dapat seseorang lakukan dengan beberapa cara, berikut penjelasannya.

1. Cara Mengecek Nomor Referensi BRI dari bukti Transfer

Metode pertama yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pengecekan baik nomor referensi BRI syariah maupun konvensional adalah dari bukti transfer.

Biasanya informasi ini muncul apabila Anda melakukan mutasi nomor rekening, berikut langkahnya

  • Pertama cek bukti transfer atau mutasi nomor rekening
  • Kemudian lihat di bagian atas yaitu struk
  • Terdapat tulisan Nomor referensi di sana
  • Maka nomor referensi sudah bisa Anda cek misal nilainya 002

2. Mengecek Nomor Referensi BRI Melalui Website Resmi

Selain melakukan pengecekan dari bukti nomor referensi BRI untuk transfer, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan melalui website resminya langsung.

Setiap bank tentunya punya website yang memberikan berbagai informasi termasuk bank BRI. Berikut langkah dalam melakukan pengecekan nomor referensi lewat web resmi.

  • Pertama buka laptop atau HP Anda
  • Selanjutnya kunjungi website di https://www.bri.co.id/
  • Selain lewat browser bisa juga lewat BRI Mobile
  • Kemudian login menggunakan akun internet banking atau M-Banking BRI
  • Lalu masuk ke menu informasi rekening atau transaksi
  • Selanjutnya pilih opsi transaksi
  • klik tombol cek nomor referensi bri
  • Nomor referensinya akan muncul pada halaman konfirmasi transaksi
  • Atau bisa terlihat di riwayat transaksi terkait

Baca Juga : GoPay PayLater Bisa Dipakai Dimana Saja? Bunga & Cara Terbaru

3. Cara Mengecek Nomor Referensi BRI Lewat Customer Service

Ada lagi metode yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui nomor referensi dari akun bank BRI yaitu customer service.

Setiap bank tentunya memiliki nomor admin sehingga para nasabah dapat menelponnya. Bank BRI sendiri menghadirkan nomor admin 14017.

Cara cek nomor referensi BRI lewat customer service termasuk pilihan yang bagus. Hanya dengan bermodalkan HP saja, Anda sudah bisa mengetahui nomor ini.

Akan tetapi, perlu nasabah ketahui sebelum menelpon pastikan sudah mempersiapkan semua data data penting, karena ada konfirmasi data terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai nomor referensi BRI dan cara mengeceknya. Sebagai nasabah bank biasanya hanya mengetahui nomor rekening dan juga nomor kartu baik itu debit atau kredit.

Masih banyak pengguna yang belum tahu mengenai nomor referensi ini padahal juga penting.