Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI Paling Lengkap

2 min read

Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI

Dalam mengelola usaha terdapat beberapa persyaratan harus pebisnis penuhi apalagi jika jenis usaha tersebut berasal dari dana KUR BRI. Biasanya surat keterangan usaha dari kantor kelurahan atau kecamatan sangat seseorang perlukan dalam hal. Untuk itulah penting mengetahui contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI.

Apa Itu Program KUR BRI ?

Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI

Program KUR atau Kredit Usaha Rakyat menjadi salah satu program dari pemerintah yang mampu meningkatkan usaha berjenis mikro kecil atau UMKM.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini isa pebisnis kembangkan dengan program KUR terutama dalam peningkatan pendanaan.

Memperkuat sektor permodalan dalam usaha memang menjadi salah satu elemen penting. Salah satu bank yang bekerjasama dengan pemerintah dalam program ini adalah bank BRI. Program KUR BRI menjadi salah satu pilihan bagus untuk para pengusaha UMKM.

Baca Juga : Cara Bayar UTBK Lewat BRI Link dengan Mudah

Karena ini merupakan salah satu program dari pemerintah tentunya Anda harus mengetahui segala ketentuan dan regulasinya sehingga bisa mengurusnya dengan baik.

Biasanya surat keterangan usaha pebisnis UMKM sangat perlukan dalam hal ini. Memahami contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI bisa jadi solusi agar bisa mendapatkannya.

Struktur Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI

Untuk bisa mendapatkan surat keterangan usaha ini tentunya Anda harus bisa membuatnya.

Memperhatikan contohnya menjadi salah satu jalan keluar terbaik agar bisa membuatnya dengan baik. berikut adalah struktur contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI.

Contoh Surat Keterangan Usaha

Nomor: XX/XX/XX/XI/2023 (isikan sesuai kondisi)

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Kepala Desa Buntok, Kecamatan Melayu, Kota Tamiang Layang, Menerangkan dengan sebenar benarnya bahwa :

Nama : Budi Sansekerta

Alamat : Jl. Bhayangkara No. 16

Kecamatan : Tembalang

Kota : Semarang

Adalah memiliki Pekerjaan Usaha Sebagai Berikut :

1. Bidang Usaha : Laundry Pencucian Pakaian

2. Jenis Jasa : Usaha Pencucian Pakaian

3. Sejak Tahun : 2022

Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat dan sekitarnya untuk kepentingan permohonan Kredit Umum Pedesaan atau Usaha Rakyat KUR di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Unit 06, Tamiang Layang.

Kalimantan Tengah, 15 Mei 2023

Kepada Desa

 

Tanda tangan (nama kepada desa)

3 Jenis KUR dari Bank BRI yang Harus Diketahui

Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI

Setelah mengetahui contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI, Anda juga harus tahu beberapa jenis KUR yang bank BRI tawarkan kepada para nasabah.

Program KUR ini memang terbagi dalam beberapa jenis yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para pengusaha UMKM, berikut jenis jenisnya.

1. Jenis KUR Mikro

Jenis pertama yang pihak Bank BRI tawarkan adalah KUR Mikro. Setiap jenis tentunya menawarkan syarat dan ketentuan yang harus para nasabah ikuti agar bisa mendapatkan bantuannya. Berikut adalah syarat dan ketentuan dari jenis KUR BRI Mikro.

  • Perorangan harus melakukan bisnis produktif dan layak
  • Memiliki usaha yang aktif minimal 6 bulan di dunia bisnis
  • Tidak sedang menerima kredit seperti KPR ataupun KKB
  • Memiliki KTP, KK, dan surat ijin usaha

Baca Juga : Cara Daftar BRI Link dan Cara Mengambil Uangnya

2. Jenis KUR Kecil

Selanjutnya adalah jenis KUR kecil yang juga menawarkan beberapa keuntungan bagi pelaku UMKM. Untuk syarat syaratnya sendiri hampir sama dengan jenis KUR Mikro seperti kelengkapan data diri dan usaha sudah termasuk kategori produktif serta layak.

Akan tetapi perlu Anda perhatikan jika penerima jenis KUR Kecil juga tidak boleh sedang melakukan aktivitas kredit seperti KPR atau KKB.

Sementara sebagai calon penerima bantuan KUR harus memiliki surat izin usaha lainnya dan dipersamakan. Mengetahui hal ini juga penting setelah memahami contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI.

3. Jenis KUR TKI

Jenis KUR dari bank BRI yang terakhir adalah TKI. KUR TKI sendiri sebenarnya pihak bank sediakan untuk individu (perorangan) ketika ingin bekerja ke negara penempatan. Untuk mendapatkan KUR ini terdapat beberapa persyaratan harus nasabah penuhi sebagai berikut.

  • Mempunyai KTP atau KK
  • Mempunyai perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  • Mempunyai perjanjian penempatan
  • Memiliki paspor dan VISA
  • Persyaratan lainnya akan mengikuti

Kenapa Menggunakan KUR BRI ?

Salah satu faktor utama kenapa menggunakan KUR untuk meningkatkan bisnis adalah suku bunganya. Suku bunga pada kredit ini benar benar sangat terjangkau. Misalnya seperti BRI menawarkan suku bunga sangat bersahabat kepada penerima KUR.

Tentunya dengan suku bunga terjangkau ini perkembangan UMKM bisa berjalan dengan baik.

Tidak heran jika banyak pelaku bisnis UMKM mulai mencari tahu contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI. Surat keterangan usaha sangat penting untuk menerima KUR ini.

Faktor lainnya kenapa banyak pelaku usaha menggunakan kur adalah pertumbuhan usaha. Program KUR termasuk jenis layanan yang memberikan fasilitas serta dukungan penuh kepada para pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Baca Juga : 5 Cara Transfer lewat BRI Link dan Biaya Transfer Lengkap

Demikian informasi mengenai contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI sebelum mengembangkan bisnis. Dengan membuat surat keterangan secara benar Anda bisa memiliki kesempatan untuk meningkatkan usaha UMKM khususnya ke level selanjutnya.