3 Cara Aktivasi Mtoken BRI dan Penyebab Gagal Termudah

2 min read

Cara Aktivasi Mtoken BRI

Cara Aktivasi Mtoken BRI seringkali masih salah sehigga menyebabkan token gagal di kirim ke pengguna, sebagai Nasabah bank BRI mungkin sudah sedikit familiar dengan istilah Mtoken BRI.

Akan tetapi terdapat juga beberapa nasabah yang belum mengetahui definisi atau arti dari istilah ini. Sebelum mengetahui cara aktivasi mtoken BRI, alangkah baiknya memahami dulu istilah ini dengan baik.

Cara Aktivasi Mtoken BRI

Cara Aktivasi Mtoken BRI

Apa itu mtoken bri? Mtoken BRI merupakan sebuah kode khusus yang pihak perbankan keluarkan untuk para nasabahnya. Biasanya mToken ini nasabah gunakan untuk melakukan pendaftaran, transaksi, dan aktivitas perbankan lainnya bersama Bank BRI.

Secara umum Mtoken sendiri sering orang gunakan sebagai keamanan verifikasi sehingga aktivitas pembelian, pembayaran tagihan dan lainnya bersama bank BRI dapat berjalan lancar.

Sebelum mempelajari cara aktivasi mtoken BRI, memahami fungsi mToken tentu akan jadi ilmu bermanfaat.

Karakteristik lainnya dari mToken adalah pemakaiannya. Pada dasarnya mToken hanya bisa seseorang gunakan sekali saji setiap kali transaksi.

Dengan kata lain, apabila ada kode transaksi selanjutnya, sistem bank BRI akan mengirimkan kembali kode aktivasi baru.

Baca Juga : Limit BRI Britama dan kode bank Lengkap

Persyaratan untuk Bisa Mendapatkan kode mToken BRI

Setelah mempelajari apa itu mToken BRI, penting juga untuk Anda memahami sekaligus mengetahui persyaratan pendaftaran kode mToken. Sebelum melakukan aktivitas dengan cara aktivasi mtoken bri, nasabah harus mendaftar terlebih dahulu, berikut langkah langkah dan syarat syaratnya.

  • Menyiapkan Kartu ATM dan KTP
  • Menyiapkan buku Tabungan BRI
  • Mendatangi kantor cabang terdekat
  • Kemudian sampaikan kepada petugas untuk daftar mToken Bri
  • Pastikan sudah membawa rekening BRI yang aktif
  • Siapkan nomor HP aktif untuk User ID Internet Banking
  • Lakukan registrasi sampai selesai bersama petugas
  • Jika berhasil maka Anda akan menerima SMS berisi kode aktivasi mToken BRI
  • Setelah mendapatkannya lanjutkan melakukan aktivitas mToken

Cara Aktivasi mToken BRI

Cara Aktivasi Mtoken BRI

Setelah melakukan pendaftaran di bank BRI dan sudah menerima SMS berisi kode aktivasi mToken, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivitas.

Biasanya kode aktivasi ini memiliki masa berlaku untuk itu penting agar segera mengaktivasikannya. Berikut adalah cara aktivasi mtoken bri lewat internet.

  • Silahkan kunjungi web ib.bri.co.id dan login
  • Jika sudah masuk sistem, klik opsi Layanan Nasabah
  • Tekan menu Aktivasi m-Token
  • Kemudian silahkan periksa nomor aktivasi yang ada di SMS Anda
  • Lalu masukan nomor aktivasi m-Token tersebut
  • Cek kembali apakah nomor aktivasi sudah pas
  • Apabila sudah tekan Kirim
  • Maka aktivasi mToken telah berhasil

Cara Mengatasi mToken tidak Muncul

Walaupun sudah mengikuti langkah langkah tadi, tidak sedikit nasabah yang mengalami kegagalan pada saat melakukan aktivitas ini.

Memang untuk beberapa kondisi bisa saja mengalami error saat mengaktivasinya. Berikut adalah cara mengatasi aktivasi mtoken bri tidak muncul.

  • Mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum mengaktivasi mToken Bri
  • Melakukan pengecekan masa aktif nomor HP
  • Pastikan sinyal jaringan HP stabil
  • Restart HP untuk mengembalikan kinerja aplikasi
  • Kemudian coba lah mengulangi langkah langkah tadi

Baca Juga : 7 Cara Top Up OVO BRI dengan Cepat dan Mudah

Faktor yang menyebabkan mToken Aktivasi BRI Gagal

Kondisi di mana permintaan mtoken bri gagal terkadang memang nasabah alami.

Jika Anda menjadi salah satu nasabah bank BRI yang mengalami kondisi tidak mengenakan ini, maka harus mengidentifkasi permasalahannya terlebih dahulu. Berikut beberapa faktor kegagalan mToken BRI.

1. Saldo Pulsa Tidak Cukup

Penyebab pertama kenapa permintaan kode aktivasi mToken ini gagal adalah kondisi pulsa Anda. Pihak perbankan ketika mengirimkan nomor atau kode khusus mToken tentunya akan mengambil pulsa dari para nasabah agar pesan tersampaikan.

Logikanya, apabila Anda tidak memiliki pulsa, tentunya pihak perbankan kesulitan dalam mengirimkan mToken ke ponsel nasabah.

Biaya pengiriman kode aktivasi ini sendiri melalui SMS sebesar Rp.500 sampai dengan Rp.550 untuk sekali pesan saja. Sebelum mengikuti cara aktivasi mtoken bri, pastikan pulsa sudah terisi.

2. Nomor Ponsel Tidak Aktif Lagi

Ketika pengiriman atau permintaan nomor aktivasi mToken gagal, salah satu penyebabnya karena nomor ponsel yang Anda gunakan.

Nomor HP tentu punya masa berlaku yang harus pengguna perhatikan, jika sudah tidak aktif tentu pihak perbankan tidak bisa mengirimkan kodenya.

Mempelajari cara aktivasi mtoken bri ini sangat penting. Ketika Anda melakukan aktivasi dengan nomor yang sudah tidak aktif,

maka secara otomatis BRI tidak mampu melakukan pengiriman kode ini karena sudah tidak terdaftar di sistem IB BRI. Untuk itulah pastikan nomor nasabah memang pada posisi aktif.

Baca Juga : 5 Cara Mengajukan KPR BRI dan Syarat serta Simulasi

3. Ruang Penyimpanan dan Perangkat Error

Ruang penyimpanan SMS atau kontak masuk aplikasi perpesanan terkadang bisa mengalami error. Permasalahan ini muncul ketika Anda tidak menghapus beberapa pesan yang sudah masuk ke dalam aplikasi perpesanan ini.

Selain ruang penyimpanan yang hampir penuh, penyebab lainnya kenapa nasabah gagal dalam menerima mToken adalah perangkat sedang error. Pastikan sebelum mempraktekan cara aktivasi mtoken bri, Anda sudah paham tentang permasalahan ini.

Demikian informasi mengenai cara aktivasi mtoken BRI dengan cepat dan mengatasi beberapa permasalahan yang muncul. Sebagai nasabah BRI sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari cara aktivasi ini dengan benar.